Sabtu, 22 Desember 2012

KARYA ILMIAH


Makalah Bahasa Indonesia dapat didefinisikan sebagai sebuah karya ilmiah yang bersumber pada ilmu pengetahuan. Karya tulis yang dibuat tidak berdasarkan rekaan semata., tetapi dapat diuji secara empiris sesuai fenomena yang terjadi dalam masyarakat dan data-data penelitian. Makalah ada yang dibuat secara khusus untuk dipresentasikan dalam sebuah seminar dan ada juga yang untuk dipublikasikan dalam sebuah majalah ilmiah.

Dikatakan karya ilmiah sederhana karena makalah sedikit berbeda dengan karya ilmiah lainya. Meskipun secara umum makalah harus memiliki bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutp, namun dalam makalahsemua bagian tersebut dibuat tidak sedetail dan selengkap yang terdapat dalam karya ilmiah lainnya. Dengan kata lain, makalah it lebih singkat.

Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah biasa dijadikan acuan (referensi) ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya. Isi (batang tubuh) sebuah karya ilmiah harus memenuhi syarat metode ilmiah. Menurut John Dewey ada 5 langkah pokok proses ilmiah, yaitu :
(1)    mengenali dan merumuskan masalah
(2)    menyusun kerangka berpikir dalam rangka penarikan hipotesis,
(3)    merumuskan hipotesis atau dugaan hasil sementara,
(4)    menguji hipotesis, dan
(5)    menarik kesimpulan. 

Karakteristik Metode Ilmiah :
·         Bersifatkritis,analistis, artinya metode menunjukkan adanya proses yang tepat untuk mengidentifikasi masalah danmenentukan metode untuk pemecahan masalah.
·         Bersifatlogis, artinya dapat memberikan argumentasi ilmiah.Kesimpulan yang dibuat secara rasional berdasarkanbukti-buktiyang tersedia
·         Bersifatobyektif , artinya dapat dicontoh oleh ilmuwan laindalam studi yang sama dengan kondisi yang sama pula.
·         Bersifatkonseptual, artinya proses penelitian dijalankandengan pengembangan konsep dan teori agar hasilnya dapatdipertanggungjawabkan.
·         Bersifatempiris, artinya metode yang dipakai didasarkanpada fakta di lapangan.

Langkah – langkah metode ilmiah :
a.      menyusun rumusan masalah
b.      menyusun kerangka teori
c.      merumuskan teori
d.      melakukan eksperimen
e.      mengolah dan menganalisis data
f.      menarik kesimpulan
g.      mempublikasikan hasil



Tidak ada komentar:

Posting Komentar