Minggu, 10 Oktober 2010

LINGKUNGAN PERUSAHAAN

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN
Penentuan seberapa jauh perusahan harus mengarah kepada tujuan-tujuan sosial yang mungkin dapat bertentangan dengan tujuan-tujuan ekonomi, jelas dapat menimbulkan dilema. Istilah tanggung jawab social menunjukan pertimbangan manajemen tetang pengaruh-pengaruh social disamping juga pengaruh ekonomi dari keputusan-keputusannya.
§   Pengertian lingkungan perusahaan
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-fakor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Arti lingkungan secara luas mencangkup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat.

Perusahaan dalam Masyarakat yang Pluralistik
Perusahaan sangat berpengaruh terhadap masyarakat untuk membeli barang dan jasa yang di tawarkan, dan sikap masyarakat terhadap perusahaan sangat berpengaruh pada cara kegiatan serta pelayanan perusahaan tersebut. Masyarakat pluralistik adalah kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan. Dan pluralisme ini mencerminkan usaha manusia untuk mempertemukan kebutuhan dan kepentingan dari berbagai organisasi.

Kesan Negatif Tentang Perusahaan
Ada banyak masalah yang menciptakan kesan negatif tentang perusahaan, antara lain menyangkut penyelewengan pajak, penyeludupan barang, penyogokan kepada pejabat pemerintahan, periklanan yang menipu, dll.

Usaha-usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif
Untuk memperbaiki adanya kesan-kesan negatif, tentunya perusahaan harus tidak menciptakan masalah-masalah yang negatif serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat yang efektif.

LINGKUNGAN FISIK, ENERGI DAN KONSERVASI
Dari masalah-masalh ekonomi dan social, salah satu masalah yang sangat sulit diatasi dan memerlukan biaya besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik.
§     Ekologi
Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Hal ini yang disebabkan oleh kombinasi dari tiga faktor :

1.      Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
2.      Perkembangan teknologi baru
3.      Smakin meningkatnya kemakmuran ekonomi
Tetapi pencapaian tujuan ini memerlukan adanya usaha timbal balik yang mungkin tidak selalu kita inginkan.
§     Macam-macam Polusi
Polusi merupakan pengrusakan lingkungan alam dimana kita hidup dan bekerja. Beberapa jenis polusi berikut ini menjadi ancaman bagi lingkungan yang sehat.

Pencemaran Udara
Belum ada suatu penelitian yang mendalam tentang intensitas polusi udara ini, namun dapat diperkirakan bahwa sebagian besar pencemaran udara diakibatkan oleh asap kendaraan bermotor mengingat jumlah kendaraan bermotor yang cukup banyak.
Polusi udara ini menimbulkan dampak negatif yang biasanya dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasan. Kita juga mengalami keadaan yang serupa di udara bebas ini meskipun kadar gas karbon yang kita hirup perharinya jauh lebih kecil. Tetapi, dapat diduga bahawa pencemaran udara seperti ini berpengaruh negatif pada kesehatan badan setiap orang.

Pencemaran Air
Dalam lingkungan pertanian, penggunaan pupuk yang mempunyai kandungan nitrat yang cukup besar dapat menyebabkan polusi air baik dipermukaan maupun di bawah tanah. Padatnya permukiman di suatu daerah atau kampung, dapat menjadi sumber polusi air. Jarak antara sumber air tanah dengan tanki peresapan saling berdekatan sehingga dapat merembes masuk kes umber air.

Pencemaran Sampah Awet
Hal-hal yang berkaitan dengan sampah awet akan selalu menjadi persoalan. Di daerah perkotaan yang semakin padat penduduknya akan semakin sulit manajemen pembuangan sampahnya. Namun demikian masih ada pihak-pihak yang ternyata sangat membantu mengurangi polusi sampah awet, yaitu para gelandangan pencari kaleng, botol, dan sebagainya yang mendapatkan hasil dengan menjualnya ke pabrik-pabrik pengolahan.
Pekerjaan yang dilakuikan oleh para pengumpul kaleng itu sebenarnya sudah merupakan tahap awal dari proses pengolahan kembali sampai awet. Proses pengolahan kembali ini sangat penting, di samping dapat menciptakan lapangan kerja juga dapat menghemat energi, memberikan sumer bahan baku pelengkap bagi produksi, dan membantu mengatasi persoalan sampah.

§     Energy dan Konservasi
Dari beberapa sumber energy, kiranya energy mmatahari dapat memberikan prospek penggunaan yang baik di masa depan mengingat bahaya yang hamper tidak ada, biayanya murah dan bebas polusi. Sebagian besar penggunaan energy di dunia saat ini masih bergantung pada minyak dan gas. Untuk jangka panjang penghematan seperti ini juga akan berpengaruh pada kelestarian sumber-sumber yang ada dan di manfaatkan untuk kehidupan manusia.

LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PERPAJAKAN
§     Alasan-alasan bagi Meningkatnya Pengeluaran Pemerintah
Pemerintah membiayai pengeluarannya dari hasil pemungutan pajak. Alasan bagi Pemerintah untuk menaikan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat. Yang menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi, salah satunya adalah lapangan pekerjaan yang mendorong penduduk berpindah ke kota.
Adanya pertambahan penduduk dapat mengakibatkan pengeluaran Pemerintah lebih besar. Walaupun Pemerintah sudah berusaha menekan laju pertumbuhan peduduk dengan program Keluarga Berencana (KB) nya, tetapi pertumbuhan penduduk tetap bejalan.

§     Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Apabila pengeluaran Pemerintah lebih besar dari penghasilannya, maka akan terjadi defisit. Untuk menutup defisit ini dapatlah dilakukan peminjaman kepada bank-bank atau yang di sebut utang negara.

Ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh Pemerintah, antara lain :

a.      Pajak Tidak langsung
Besarnya pajak yang ditambahkan pada harga barang tersebut pada saat dijual kepada masyarakat. Pajak tersebut dinamakan pajak penjualan (PPn).

b.      Pajak Langsung
Pajak kekayaan adalah termasuk pajak langsung karena langsung dikenakan atau dipungut pada pembayar pajak. Pajak lansung ini adalah pajak pendapatan (PPd), pajak perseroan (PPs) dan pajak dividen.
Secara keseluruhan penerimaan Penerimaan dapat diperoleh dari :
·         Penerimaan dalam negeri
·         Penerimaan pembangunan
Sedangkan seluruh pengeluaran Pemerintahan dapat dikelompokkan ke dalam :
·         Pengeluaran rutin
·         Pengeluaran pembangunan

LINGKUNGAN HUKUM
Manajer perusahaan harus mengambil kebijaksanaan yang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta perlu mempertimbangkan besarnya keuntungan yang akan didapat dan resiko yang akan dihadapinya. Hukum yang ada di Indonesia dapat di kelompokkan menjadi hukum publik dan hukum privat.
§  Hukum Publik
Hukum publik ini mengatur  masalah-masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum. Diantaranya hukum tatanegara, hukum tatausaha, dan hukum pidana.
§  Hukum Privat
Hukum privat merupakan hukum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan kepentingan seseorang dan kelompok-kelompok dalam masyarakat. Yang termasuk ke dalam hukum privat adalah hukum perdata dan hukum dagang.


LINGKUNGAN PEMERINTAH
Hubungan antara perusahaan dan pemerintahan telah berkembang dari usaha-usaha untuk menggali dan menggunakan sumber-sumber ekonomi, yang ditujukan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat. Walaupun kebijakan yang diambil sudah sesuai adat kebiasaan, oleh perusahaan tersebut. Dalam hal ini sering diperlukan adanya pemikiran baru.

§  Perhatin Pemerintah terhadap Kegiatan Usaha
Pemerintah telah memberikan bantuan dalam kehidupan perusahaan terutama berupa perlindungan atas kekayaan; pengadaan kontrak dan pemberian panen. Pemerintah juga membantu perusahaan-perusahaan kecil atau lemah karena merupakan unit usaha yang penting untuk menampung tenaga kerja dan dapat memberikan harga yang lebih rendah kepada konsumen (subsidi).

Bantuan di Bidang Transportasi
Hampir di setiap sektor pengangkutan, Pemerintah banyak memegang peranan. Tidak terdapat satu perusahaan-pun dari usaha swasta yang ikut ambil bagian dalam sektor tersebut

Bantuan pada Perusahaan-perusahaan Kecil
Bantuan kepada perusahaan-perusahaan kecil dapat digolongkan ke dalam tiga golongan, yaitu :     
·         Bantuan finansial
·         Bantuan pemberian kontrak
·         Bantuan teknik dan manajemen

Bantuan di Bidang Komunikasi
Bidang komunikasi ini juga didukung dengan usaha-usaha pengembangan ruang angkasa seperti penggunaan satelit. Disini pengaruh Pemerintah di bidang usaha adalah sangat besar.

LINGKUNGAN INTERNASIONAL
Lingkungan internasional ini merupakan suatu konsep keseluruahan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia. Keadaan perekonnomian nasional menjadi saling terpengaruh dan saling tergantung pada masalah-masalah internasional.
§  Neraca Pembayaran internasional
Neraca pembayaran ini menggambarkan transaksi-transaksi internasioanal. Suatu konsep penting yang berhubungan dengan neraca pembayaran adlah neraca perdagangan. Jika suatu Negara mengekspor barang-barang melebihi impornya, keadaan ini menunjukan neraca perdagangan yang menguntungkan. Jika impor lebih besar dari ekspornya, maka keadaan neraca perdagangan tidak menguntungkan.

§  Perusahaan-perusahaan Multinasional (Multinational Coparation)
Perusahaan-perusahaan Multinasional kebanyakan berasal dari meliputi beberapa negara Eropa, Amerika, dan Jepang. Pasar yang dikuasainya meliputi beberapa Negara selain negaranya sendiri. Merka memperluas pasarnya ke Negara-negara lain dengan tujuan untuk menampung kelebihan hasil produksinya di atas kebutuhan untuk konsumsi dalam negeri.

§  Kegiatan-kegiatan Multinasional
Perusahaan-perusahaan Multinasional bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya ke satu Negara saja, tetapi Negara-negara lain. Hal ini dapat membantu untuk memperbaiki kondisi perekonomian dari satu negara terhadap negara lain.

§  Cirri-ciri Perusahaan Multinasional
Perusahaan  Multinasional dalam perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahan/ manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua negara.

§  Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinasional
Kebaikan Perusahaan Multinasional :
Ø  Ikut mendukung pembangunan nasional
Ø  Memperluas pasar
Ø  Menambah arus barang
Ø  Memodernisir industry
Ø  Meningkatkan kemampuan dan keterampilan
Ø  Menambah kesempatan kerja
Keburukan Perusahaan Multinasional :
Ø  Makin banyaknya Perusahaan Multinasional yangdidirikan dapat mempengaruhi kekuasaan ekonomi negara.
Ø  Pemerintah harus menyediakan fasilitas untuk menampung kebutuhan akan bahan baku dan barang modal yang didatangkan dari luar negeri.
Ø  Dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi negara

§  Perkembangan Impor dan Ekspor Indonesia
Di beberapa periode keadaan ekspor ini  mulai mengalami fluktuasi. Impor yang dilakukan oleh Indonesia selama ini meliputi tiga macam golongkan barang, yaitu :
-          Barang konsumsi
-          Barang baku dan penolong
-          Barang modal 






sumber : DR. BASU SWASTHA DH., SE., MBA.
              IBNU SUKOTJO W. SE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar